Minggu, 21 Februari 2021

Pengertian Manajemen Resiko

 Pengertian Manajemen Resiko

Prinsip dasar dari manajemen resiko adalah pusat dari keamanan informasi. Security

manajemen seharusnya mengikuti siklus risk management seperti salah satu dibawah ini. Model ini

digambarkan pada bagian akuntansi information security USA berdasarkan prinsip manajemen resiko

yang diterapkan oleh berbagai informasi.

Ada lima prinsip manajemen resiko yaitu: (1) Menentukan kebutuhan berdasarkan

pengumpulan informasi resiko keamanan; (2) Membangun manajemen terpusat untuk memastikan

bahwa kelemahan di satu unit perusahaan tidak menyebar keperusahaan; (3) Menerapkan peraturan

dan pengaturan yang sesuai; (4) Mempromosikan kesadaran untuk terus mendidik user dan manajer

akan resiko dan kebijakan yang sesuai; (5) Memonitor dan mengevaluasi kebijakan dan pengendalian

yang efektif. Artikel ini hanya berfokus pada kesadaran akan komponen siklus manajemen resiko.

Kesadaran adalah salah satu elemen penting dari siklus resiko manajemen dan pengamanan informasi

pada semua level. Kesadaran pengamanan seharusnya ditujukan kepada manajer, pengguna, dan

praktisi sistem informasi. Kesadaran dan pemahaman sangat penting untuk menerapkan kebijakan

pengamanan informasi dan untuk memastikan bahwa pengendalian berjalan dengan baik. Manajer,

userm dan lainnya dengan mengakses terhadap informasi tidak dapat diharapkan tunduk terhadap

kebijakan yang tidak dimengerti. Hal yang sama jika mereka tidak sadar akan resiko yang

berhubungan dengan informasinya mereka tidak mengerti akan kebutuhan dan mendukung pemenuhan

dengan kebijakan yang yang dirancang untuk mengurangi resiko. Tantangan yang signifikan

manajemen resiko adalah fakta yang benar bahwa resiko keamanan perubahannya sangat cepat

diinternet. Karena kelemahan baru dan penyerang baru terus menerus ditemukan.

0 komentar:

Posting Komentar